Home BERITA LOKAL
ORGENES DEAL; DATANG DARI DAERAH TERPENCIL PULANG MEMBAWA ILMU

Yogyakarta-Komnews, Itulah sekiranya kata bijak yang tepat untuk menyatakan syukur atas kesuksesan satu anak muda hebat dari daerah terpencil di Pegunungan Bintang yang berhasil melewati tantangan hidup dari kampung halamannya negri nanjauh ufuk timur Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa(STPMD) Yogyakarta, Jumat (20-10/2017). Dia adalah Orgenes Deal, mahasiswa yang selalu rendah hati tetapi memiliki komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan pendidikan tinggi di Jawa. Mahasiswa tersebut berasal dari Kampung Souple Distrik Batani Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua. Dia menempuh pendidikan di APMD jurusan Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial Masyarakat Desa pada tahun 2012 dan menyelesaikan pendidikan di penghujung tahun 2017.

 
SERUAN KOMAPO TENTANG PEMBERLAKUAN SISTEM BEASISWA MAHASISWA PEGUNUNGAN BINTANG SE-INDONESIA

Tujuan utama adanya pemerintahan Kabupaten Pegunungan Bintang adalah bentuk pengakuan Pemerintah Republik Indonesia terhadap eksistensi manusia dan segala isi alam semesta. Untuk mengakui dan mereposisi eksistensi manusia, suku bangsa yang sudah ada sejak dahulu kala dan yang telah memiliki otoritas tanah dari leluhurnya secara turun temurun. Dari ratusan suku bangsa di Papua sebagian besar terdapat di wilayah kabupaten ini. Suku bangsa OK dan Suku ME sebagai suku terbesar dengan otoritas wilayah cukup besar di poros (centre) pulau Papua yang terbentang dari Sorong sampai Samarai wilayah negara Papua New Guinea. Suku bangsa OK mendiami mulai dari ibukota kabupaten dan menyebar ke bagian Timur dan Selatan. Suku bangsa OK di bagian Timur merupakan warga negara PNG, sedangkan bagian Selatan termasuk wilayah kabupaten Boven Digoel dan Mappi. Sementara suku bangsa ME mendiami di bagian Barat dari ibukota kabupaten dengan memiliki puluhan sub suku. Suku bangsa ini menyebar sampai di wilayah Kabupaten Yahukimo, Keerom dan Kabupaten Jayapura.

 
WISUDA BUKAN AKHIR DARI SEGALANYA TETAPI AWAL DARI SEGALANYA

Yogyakarta-Komnews, Mantan Ketua Korwil KOMAPO Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2014/2016, Isay Meku, wisuda di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) “APMD” Yogyakarta, Jumat (26/05/2017),. Acara wisuda berlangsung di Gedung Ganesa STPMD “APMD”, dimulai pukul 07:30-10:00 Waktu Yogyakarta. Dengan jumlah wisudawan/wisudawati angkatan 2012/2013 sebanyak 102 orang dari berbagai daerah, jenjang pendidikan dan jurusan diantaranya : Pemberdayaan Masyarakat (D- III), Sosiatri/pembangunan Sosial (S-1), Ilmu Komunikasi (S-1), Ilmu Pemerintahan (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2).

 
SELAMATKAN GENERASI MUDA PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA DARI BAHAYA HIV/AIDS

Yogyakarta-Komnews, Anggota Komapo Koordinator Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta kembali melakukan diskusi rutin pada Selasa (16-07/2017) bertempat di Kantin Realino Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Diskusi kali ini merupkakan diskusi ke-III dengan fokus Perilaku Kesehatan. Topik yang diangkat dalam diskusi tersebut adalah“Selamatkan Generasi Muda Pegunungan Bintang, Papua dari Bahaya HIV/AIDS” . Hadir dalam diskusi sekertaris KOMAPO, Wilem Jaden Sipka dan juga dihadiri oleh 9 orang anggota Korwil Yogyakarta dan satu Orang anggota Korwil Salo (Salatiga-Solo). Dalam diskusi tersebut dimoderatori oleh Eling Urwan dan materi dibawahkan oleh Isak Kalka, Amd, S.Psi. Diskusi dimulai sekitar pukul 19.40 WIB dan berlangsung sampai pukul 22.20 WIB. Diskusi dibuka oleh moderator dan selanjutnya memberikan waktu sepenuhnya kepada pemateri.

 
MEMBANGUN EKONOMI KERAKYATAN DI PEGUNUNGAN BINTANG

“Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat”

Yogyakarta-Komnews, Anggota Komapo Korwil Yogyakarta kembali menyelenggarakan diskusi di Kantin Realino Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Selasa (09/05/2017) dengan Topik diskusi Membangun Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Diskusi ini dihadiri oleh Wakil Sekjend KOMAPO, Teresia M. Uropka, Sekretaris KOMAPO, Wilem Jaden Sipka dan BPH Korwil serta anggota KOMAPO DIY berjumlah 14 orang. Diskusi dimulai pada pukul 17:50 sampai dengan 21:00 WIB.

 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 1 of 57


Copyright by KOMAPO.