Home ARTIKEL PENDIDIKAN
MUSUH DARI BAHASA

Oleh: Andir Meku

Saya percaya musuh terbesar ada di kampusku. Mempertemukan dengan orang yang tak kenal dalam bahasa yang berbeda di lingkungan kampus. Dia memiliki kapasitas yang berbeda dari cara hidup, cara berpikir dan cara bertindak. Saya juga hadir dari latar belakang yang berbeda dan bahasa yang berbeda pula. Bahasa yang saya gunakan dia tidak mengerti, demikian pula dengan bahasanya. Ketika saya maju untuk menyampaikan gagasanya di depannya, dia tidak memahami apa yang disampaikan, demikian pula sebaliknya. Sehingga bahasa merupakan aspek fital dan sangat mempengaruhi kehidupan kita. Jika kita tidak mengerti apa yang di sampaikan oleh lawan bicara kita. Kita harus sabar, setia untuk mendengarkan dan “menyimak” supaya apa yang kita sampaikan bisa menerima.

Read more...
 
TELEVISION HARMFUL TO CHILDERN

Over the past forty years, television sets have become standard pieces of equipment in most homes and, watching television has become a standard activity for most families. Children in our culture grow up watching television in the morning, in the afternoon, and often in the evening as well. Altough there are many excellent programs for children,many people feel that television may not be good for children. In fact, television may be a bad influence on children for three main reason :

First of all ,some programs are not good for children to see. For example ,there are many police stories on television. People are killed wit guns, knives, and even cars. Children might think these things could happen to them at any time. Therefore, they can become frightened. In addition,some youngsisters might begin to think that violence is a normal part of life,because they see it so often on television. They may begin to act out the violence they see and hurt themselves or their playmates.

Read more...
 
PENGALAMAN GURU SM3T DI DISTRIK BIME, KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG PAPUA

Salah satu guru SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal) UNY yang ditempatkan di Papua adalah Sri Wariyati yang mengajar di SD Inpres Atembabol, Distrik Bime, Kabupaten Pegunungan Bintang. Jarak dari pusat distrik di sekitar bandara Bime ke sekolah kurang lebih 2 km, perjalanan biasa ditempuh dengan jalan kaki selama 15 menit saja. Pada hari pertama, Wari, demikian dia biasa dipanggil, mengajar Bahasa Indonesia dan Seni Budaya Ketrampilan di kelas 3. “Belum genap dua minggu di sekolah, saya diminta menjadi wali kelas 1” katanya. Anak-anak di Atembabol belum bahkan tidak pernah mengenyam bangku TK.

Read more...
 
PROF. YOHANES SURYA, PH.D : “ CARIKAN SAYA ANAK YANG PALING BODOH DARI PAPUA, AKAN SAYA LATIH”

Anak kelas 2 SD dari Papua yang sudah tinggal kelas 4 kali, jadi Juara matematika tingkat nasional, dan juara membuat robot!

Prof. Yohanes Surya, Ph. D., yang dilahirkan di Jakarta 6 Nopember 1963 ini, tidak asing lagi bagi telinga kita karena telah melahirkan segudang prestasi ditingkat internasional. Profesor lulusan College of William and Mary, Jurusan Fisika dari USA, dibawah bimbingan beliau, pelajar dari Indonesia telah mampu berbicara di tingkat dunia. 54 medali emas, 33 medali perak dan 43 medali perunggu telah diraih pelajar indonesia didalam berbagai lomba olimpiade tingkat internasional. Bahkan pada tahun 2006, Pelajar Indonesia menjadi juara dunia, mengalahkan 86 negara.

Read more...
 
MAHASISWA COPY PASTE, LATIHAN KORUPSI?

Bryan Sevianus Urwan


Aksi copy paste atau salin kemudian tempel menurut pendapat Prof Soeparno jelas tidak boleh karena bukan hasil karya sendiri. Adapun copy paste yang diperbolehkan yaitu hanya digunakan untuk catatan, bahan atau dokumen yang dipelajari sendiri untuk bahan menyusun makalah atau referensi belajar.

Dalam penyusunan makalah tentu membutuhkan bahan atau referensi sebagai acuan, misalnya buku, internet dan lainnya. Copy paste untuk menyusun makalah yang benar yaitu mempelajari isi dari makalah orang lain kemudian diolah kembali menggunakan kata-kata sendiri. Kalau ingin mengutip isinya maka harus disebutkan sumbernya. Sumber yang dijadikan copy paste itu yang telah dipublikasi secara umum. Sumber lain yang tidak boleh dijadikan referensi makalah seperti catatan sendiri, bahan-bahan kuliah, bahan kuliah yang diuploud sendiri dan lain sebagainya.

Read more...
 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 1 of 5


Copyright by KOMAPO.