Home ARTIKEL PENDIDIKAN
SMANOKS: JENDELA GENERASI PEGUNUNGAN BINTANG MELIHAT DUNIA

(Sekolah itu Rohnya Pendidikan, Pendidikan itu Rohnya Pembangunan)
Bapak. Drs. Theodorus Sitokdana

Oleh: Anak Jalanan

SDM dianalogikan sebagai darah dalam tubuh manusia.Tanpa darah, manusia tidak akan hidup. Begitu pula dengan pembangunan. Tanpa SDM, pembangunan tidak akan maju”. Testimoni ini di ungkapkan seorang Intelek Asal Pegunungan Bintang Mr. Melkior Sitokdana, S.Kom. M. Eng. Dalam bukunya berjudul”Kaka Semon”. Beliau sekarang staf Dosen UKSW, Salatiga. Setelah membaca tulisan ini, saya merasa terpanggil untuk menuliskan bagimana keadaan sekolah yang saya tamatkan Tingkat SMAnya di lembah sibil bakon Pegunungan Bintang 8 Tahun yang silam.

SMANOKS bukanlah nama yang sebenarnya disebutkan penghuni lembah sibil itu. SMANOKS artinya “SMA NEGERI OKSIBIL’’, yang merupakan satu-satunya Sekolah Tingkat pertama yang ada di lembah Sibilbakon Pegunungan Bintang berstatus milik Pemerintah. Sekolah ini dirikan sejak tahun 2005. SMNOKS tepatnya terletak di Jln. Raya Yapimakot. Meskipun beroprasi sejak tahun 2005, SK Izin Operasinya keluar pada tahun 2015. Saya tidak tahu kenapa demikian?. SMANOKS terletak dibagian barat Ibu Kota Kabupaten Pegunungan Bintang. Tepatnya di wilayah distrik Serambakon, Desa derapding. Sampai di serapding dekat PKBM dan TK, belok kanan dan masuk kedalam, disanalah SMA ini berdiri.

Read more...
 
ANALISIS KRITIS PEMBENTUKAN ORGANISASI MAHASISWA-PELAJAR PEGUNUNGAN BINTANG BERBASIS WILAYAH

Analisis Kritis terkait permulaan, perencanaan dan pembentukan basis organisasi mahasiswa dalam lingkungan Mahasiswa Pegunungan Bintang. Awal terbentuknya organisasi Mahasiswa Pegunungan Bintang pada tahun 1996. Pada tahun ini dipakai nama Ikatan Mahasiwa Ngalum Kupel (IMNK) dan ada nama lain yang juga digunakan untuk menghimpun seluruh mahasiswa. Setelah itu pada tahun 2000 diadakan musyawarah dan mengambil sebuah kesepakatan untuk mengantikan nama organisasi tersebut. Dan dipakailah nama IMPPETANG (Ikatan Mahasisa, Pelajar Pegunungan Bintang) yang sekarang. Setelah Impetang dibentuk, disusulah KOMAPO (Komunitas Mahasiswa Pelajar Aplim Apom) tahun 2003 untuk mahasiswa yang berstudi di beberapa kota di luar Papua.

Read more...
 
MUSUH DARI BAHASA

Oleh: Andir Meku

Saya percaya musuh terbesar ada di kampusku. Mempertemukan dengan orang yang tak kenal dalam bahasa yang berbeda di lingkungan kampus. Dia memiliki kapasitas yang berbeda dari cara hidup, cara berpikir dan cara bertindak. Saya juga hadir dari latar belakang yang berbeda dan bahasa yang berbeda pula. Bahasa yang saya gunakan dia tidak mengerti, demikian pula dengan bahasanya. Ketika saya maju untuk menyampaikan gagasanya di depannya, dia tidak memahami apa yang disampaikan, demikian pula sebaliknya. Sehingga bahasa merupakan aspek fital dan sangat mempengaruhi kehidupan kita. Jika kita tidak mengerti apa yang di sampaikan oleh lawan bicara kita. Kita harus sabar, setia untuk mendengarkan dan “menyimak” supaya apa yang kita sampaikan bisa menerima.

Read more...
 
TELEVISION HARMFUL TO CHILDERN

Over the past forty years, television sets have become standard pieces of equipment in most homes and, watching television has become a standard activity for most families. Children in our culture grow up watching television in the morning, in the afternoon, and often in the evening as well. Altough there are many excellent programs for children,many people feel that television may not be good for children. In fact, television may be a bad influence on children for three main reason :

First of all ,some programs are not good for children to see. For example ,there are many police stories on television. People are killed wit guns, knives, and even cars. Children might think these things could happen to them at any time. Therefore, they can become frightened. In addition,some youngsisters might begin to think that violence is a normal part of life,because they see it so often on television. They may begin to act out the violence they see and hurt themselves or their playmates.

Read more...
 
PENGALAMAN GURU SM3T DI DISTRIK BIME, KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG PAPUA

Salah satu guru SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal) UNY yang ditempatkan di Papua adalah Sri Wariyati yang mengajar di SD Inpres Atembabol, Distrik Bime, Kabupaten Pegunungan Bintang. Jarak dari pusat distrik di sekitar bandara Bime ke sekolah kurang lebih 2 km, perjalanan biasa ditempuh dengan jalan kaki selama 15 menit saja. Pada hari pertama, Wari, demikian dia biasa dipanggil, mengajar Bahasa Indonesia dan Seni Budaya Ketrampilan di kelas 3. “Belum genap dua minggu di sekolah, saya diminta menjadi wali kelas 1” katanya. Anak-anak di Atembabol belum bahkan tidak pernah mengenyam bangku TK.

Read more...
 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 1 of 5


Copyright by KOMAPO.