Home ARTIKEL TEKNOLOGI
USULAN PENGEMBANGAN MEDIA LOKAL BERBASIS ELEKTRONIK DI PEGUNUNGAN BINTANG

Penulis: Melkior N.N Sitokdana,. M.Eng

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang ditunjukkan dengan pesatnya perkembangan perangkat komputasi, telekomunikasi, jaringan Internet serta penggunaan yang semakin meluas di masyarakat telah mengubah pola-pola hidup manusia yang lebih mudah, murah dan cepat. Manfaat dari perkembangan ini merambah ke seluruh aspek kehidupan manusia dan telah terbukti mengefektifkan dan mengefisienkan aktivitas manusia apapun itu. Misalnya, dalam hitungan detik kita dapat mengakses informasi dan ilmu pengetahuan yang akurat dan terbaru dari belahan dunia manapun melalui internet, berkomunikasi dengan teman maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan memanfaatkan media sosial atau e-mail, melakukan transaksi barang dan jasa dari manapun dan kapanpun, belajar atau bekerja di rumah tanpa harus ke kantor, dan lain sebagainya. Dampak positif atas hadirnya TIK ini membuat manusia saat ini tergantung pada teknologi informasi dan komunikasi, bahkan informasi dijadikan sebagai kebutuhan pokok manusia secara individu maupun kelompok. Informasi bagi organisasi adalah salah satu asset penting yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup organisasi, diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, tanpa informasi organisasi tidak dapat bertumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Read more...
 
KONSTRUKSI MEDIA TERHADAP PAPUA

Penulis: Ishak Bofra


Setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini memiliki hak yang sama sebagai manusia karena kita semua adalah bagian dari karya penciptaan TUHAN yang diwujudkan dalam rupa Tuhan sehingga tidak adil bagi orang Papua melihat suku bangsa Papua di jajah oleh Indonesia. Yang sangat tidak manusiawi bagi ukuran suatu harkat dan martabat kita sebagai manusia dimana ditindas, dianiaya, termarjinalkan baik secara ekonomi,politik,dan social budaya.

Selain itu juga, dirampas hak hidup kita sebagai orang papua, pembunuhan oleh militer,dan direkayasa pembunuhan seperti pengiriman PSK dari daerah Jawa yang sudah terkena HIV/AIDS sehingga mengakibatkan kematian ,miras yang mengakibatkan pembunuhan dan merusak moral dan karakter sehingga mematikan akal sehat dan merusak tubuh.

Persoalan eksploitasi sumber daya alam tanah Papua yang dilakukan oleh perusahaan TNC/MNC secara brutal sehingga mengakibatkan hutan Papua rusak. Persoalan ini semua adalah potret ketidakadilan yang dilakukan oleh Negara terhadap bangsa papua, dengan melihat kondisi yang sedemikian mengerikan ini maka masyarakat Papua mulai menuntut keadialan baik itu pelurusan sejarah pepera, dan juga menuntut diadakan pengadialan Ham untuk mengusut tuntas pelaku-pelakku pelanggaran Ham berat di papua.

Read more...
 
LEMAHNYA SISTEM KEAMANAN INTERNET DI INDONESIA KHUSUSNYA PAPUA

Hacker. Apa yang pertama kali ada dipikiran anda ketika anda mendengarnya? Pembobol facebook, twitter dan media social lainnya? Pembobol rekening nasabah bank? Pembobol data-data rahasia pemerintahan? Atau seorang kriminal dunia maya? Apapun pengertian apa dan siapa hacker itu sendiri toh nyatanya tidak sedikit masyarakat yang mengartikan hacker kearah yang negatif, walaupun sebenarnnya mereka mempunyai alasan tersendiri tentang apa bagaimana dan mengapa mereka berprofesi seperti itu.

Read more...
 
PESATNYA PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA

Oleh: Melkior N.N Sitokdana

Internet diluncurkan oleh dapartemen pertahanan Amerika serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network),  yang bertujuan untuk kepentingan militer Amerika Serikat. Pada waktu itu jaringan Internet  digunakan hanya sebatas mengirim data-data rahasia dari satu tempat ke tempat yang lain. Kemudian melalui sejarah yang panjang Internet mengalami fase perubahan yang sangat signifikan. Menurut data Internet World Stats (2012), pengguna Internet terbanyak di dunia adalah di benua Asia dengan angka 44.8% dan paling sedikit di benua Oceania/Australia 1.0%. Angka tersebut masuk akal karena dari populasi benua Asia 3.922.066.987 dibanding benua Oceania/Australia 35.903.569 dari 7.017.846.922 total penduduk dunia.  Pengguna Internet di Asia 1.076.681.059, penetrasi populasi  27.5%, tingkat pertumbuhan 8.41.9% untuk pengguna Internet tingkat dunia 44.8%. Sedangkan di Oceania/Australia pengguna Internet 24,287,919, penetrasi populasi  67.6%, tingkat pertumbuhan 218.7% untuk tingkat dunia 1.0%.

Read more...
 
MENGENAL WEBMAIL

Oleh: Melkior N.N Sitokdana

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, akses informasi semakin cepat, tepat dan akurat.  Tanpa henti-hentinya perkembangan teknologi perangkat lunak, perangkat keras dan jaringan komunikasi semakin canggih sehingga pengguna dapat dimanjakan dengan  produk-produk yang lebih efektif dan efisien. Sejak hadirnya teknologi web, dunia semakin dekat tanpa mengenal waktu dan batas wilayah. Salah satu produk dari teknologi web adalah WebMail. Webmail adalah penggunaan email pada hosting dan domain, dengan nama dibelakang @ menggunakan nama domain. Ketika memiliki hosting dan domain, secara otomatis kita mempunyai Webmail, sehingga kita bisa dapat menggunakan nama domain organisasi atau pribadi. Misalnya di Universitas Gajah Mada, mahasiswa diwajibkan menggunakan fasilitas  e-mail kampus yang adalah webmailnya UGM, contohnya   This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , atau pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menggunakan This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .

Read more...
 




Copyright by KOMAPO.