Home RESENSI
SEJARAH NAMA PAPUA & ASAL USUL MANUSIANYA [DARI PENEMUAN KE PERADABAN, DARI GEREJA KE POLITIK]
RESENSI

Buku dengan judul SEJARAH NAMA PAPUA & ASAL USUL MANUSIANYA, Dari Penemuan ke Peradaban, Dari Gereja ke Politik yang ditulis Melkior Nikolar Ngalumsine Sitokdana ini merupakan salah satu buku langkah yang ditulis oleh penulis orang asli Papua. Buku yang berisikan sejarah nama Papua, asal usul manusianya serta sejarah pekabaran Injil Kristus oleh Gereja di tanah ini dan napak tilas sejarah perjalanan Papua dalam kanca politik kepentingan berbagai pihak ini diuraikan dengan mengacu pada beberapa referensi ilmiah.
Buku ini berisikan hal-hal yang berhubungan dengan Sejarah Papua, namun penulis buku ini bukanlah seorang ahli sejarah atau ahli antropologi. Penulis muda usia yang sedang menjadi tenaga dosen di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah ini merupakan Sarjana Komputer sehingga ia menggunakan kemampuan ilmu jelajah dunia maya (internet) untuk mengeksplorasi data-data kepustakaan, baik dengan menggunakan perangkat lunak (internet) maupun perangkat keras (perpustakaan manual) untuk mengulas sejarah proses terjadinya nama Papua dan juga awal mula penyebaran suku-suku bangsa asli Papua di pulau ini serta sejarah penyebaran Gereja-Gereja di Tanah Papua yang kemudian berdampak pada terjadinya penciptaan suatu kondisi politik oleh berbagai pihak yang memiliki kepentingannya.
Meskipun demikian, buku ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi, baik sebagai bahan pendalaman maupun sebagai acuan penelitian historis dan antropologis bagi para ahli sejarah, ahli antropologi, mahasiswa jurusan sejarah, mahasiswa jurusan antropologi ataupun juga umumnya bagi mereka yang berminat untuk memahami Sejarah Papua.
Buku ini juga dapat dipelajari, didalami dan diperbaiki oleh para pihak yang berkepentingan dalam dunia pendidikan serta dapat mengadopsinya sebagai suatu referensi untuk merancang Kurikulum Pendidikan yang dapat diajarkan di sekolah-sekolah di Tanah Papua.

 
STRATEGI PEMBANGUNAN PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK [SEBUAH LANGKAH UNTUK MEWUJUDKAN PAPUA BANGKIT MANDIRI DAN SEJAHTERA]
RESENSI

Pemerintah Provinsi Papua selama ini membangun e-Government untuk kepentingan pelayanan publik dan administrasi pemerintahan, namun dalam implementasinya masih dijumpai ketidakefisienan dan ketidakefektifan penyelenggaraan pemerintahan karena belum adanya rencana strategis yang tepat. Untuk itu, Buku ini mengkaji dan merekomendasikan Roadmap Pengembangan e-Government untuk tahun 2015 sampai dengan 2025.

Metode analisis yang digunakan dalam buku ini adalah analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Politik), analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats), analisis Zachman Framework digunakan untuk memetakan perspektif pimpinan dari level atas, level menengah dan level bawah di lingkungan pemerintahan. Dalam Framework Zachman dilakukan juga pemetaan portofolio sistem informasi menggunakan tools McFarland Strategic Grid untuk menentukan prioritas dan merumuskan urutan sistem informasi yang harus dikerjakan.

Dalam buku ini penulis merekomendasikan 47 (empat puluh tujuh) sistem informasi atau aplikasi e-Government untuk dibangun dalam jangka waktu 10 (sepuluh) tahun, yaitu dari tahun 2015 sampai dengan 2025. Selanjutnya dalam implementasi direkomendasikan untuk melakukan manajemen perubahan agar pembangunan, pengembangan dan pemanfaatan e-Government dapat berhasil dan tepat sasaran.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh para pengambil keputusan dalam pemerintahan, terutama yang berkaitan langsung dengan pemberian layanan kepada masyarakat. Memang buku ini ditujukan untuk Pemerintah Papua. Namun, karena pendekatan-pendekatan yang digunakan oleh Saudara Melkior adalah pendekatan-pendekatan ilmiah, maka dapat dipakai juga oleh pemerintah-pemerintah di daerah lain.

 
MENERIMA MISIONARIS MENJEMPUT PERADABAN [SEJARAH NAMA PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA & AWAL MULA PERADABAN ORANG ASLI PEGUNUNGAN BINTANG]
RESENSI

Roda Kehidupan manusia Aplim Apom di Pegunungan Bintang terus bergulir. Saat itu pula kisah hidupnya ditorehkan: masa lalu, masa kini. Kisa hidup itu mengantar dan menyadarkan orang asli Pegunungan Bintang untuk terus merefleksikan cerita-cerita dalam sebuah dokumentasi sejarah bagi anak cucuhnya. Untuk pertama kali, sejarah nama Pegunungan Bintang dan kisah awal mula peradaban modern bagi orang asli Pegunungan Bintang, mulai dari kedatangan misionaris serta keberadaan dan kehidupan manusia asli Pegunungan Bintang, dapat dipublikasikan dalam bentuk sebuah buku. Buku ” Menerima Misionari Menjemput Peradaban” yang ditulis oleh seorang intelektual dan akademisi anak asli Pegunungan Bintang ini, pada intinya, menguraikan tiga pokok bahasan. Pertama, sejarah nama Pegunungan Bintang. Kedua, eksistensi dan kehidupan suku-suku bangsa asli yang mendiami wilayah Pegunungan Bintang. Ketiga, awal mula peradaban modern dalam kehidupan orang asli Pegunungan Bintang.

 

 
IWOL PUSAT KEHIDUPAN MANUSIA APLIM APOM
RESENSI

Penulis yang adalah putra asli Papua ini telah menghasilkan berbagai karya ilmiah dalam bidang e-Culture berupa jurnal, prosiding dan buku. Karya ilmiah ini nantinya penulis gunakan sebagai acuan pengembangan e-Culture, dan untuk kalangan umum bisa dijadikan sebagai salah satu referensi, baik sebagai bahan pendalaman kajian antropologis maupun sebagai acuan untuk perumusan kebijakan pembangunan ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Tanah Papua.
Buku dengan judul IWOL Pusat Kehidupan Manusia Aplim Apom yang ditulis oleh Melkior N.N Sitokdana, S.Kom., M.Eng ini merupakan salah satu buku langkah. Buku ini berisikan tentang nilai-nilai luhur suku bangsa Ok dan Mek di Pegunungan Bintang dan Papua pada umumnya.
Buku ini berhubungan dengan kebudayaan Melanesia, dengan pokok pembahasan;Konsep dan Sejarah Iwol, Sistem Pemerintahan, Sistem Kekerabatan dan Pranata Sosial, Sistem Pendidikan, Sistem Ekonomi, Sistem Religi, Pola Perkampungan, dan Sistem Kesenian.  Penulis muda usia yang sedang menjadi tenaga dosen di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah ini memiliki bidang keahlian Electronic Culture (e-Culture). Suatu konsep pengelolaan, pendokumentasian, penyebarluasan informasi dan pengetahuan tentang unsur-unsur kebudayaan berbasis elektronik.

 

 
MENGENAL BUDAYA SUKU NGALUM OK
RESENSI

Penulis muda usia asal suku Ngalum Ok yang sedang menjadi tenaga dosen di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah ini prihatin dengan gejala-gejala krisis jati diri dan karakter bangsa, rendahnya pengetahuan mengenai kebudayaan, dan minimnya pelestarian kebudayaan yang terjadi dalam masyarakat setiap suku bangsa di Indonesia. Untuk itu penulis menghadirkan buku dengan judul MENGENAL BUDAYA SUKU NGALUM OK sebagai upaya pengembangan nilai-nilai budaya untuk pembentukan jati diri, karakter, pola pikir dan sikap mental manusia Aplim Apom Pegunungan Bintang.

Buku ini dihadirkan sebagai bentuk sumbangsihnya kepada masyarakat Papua, khususnya masyarakat suku Ngalum Ok Pegunungan Bintang. Buku ini bisa digunakan sebagai salah satu referensi, baik sebagai bahan pendalaman kajian antropologis maupun sebagai acuan untuk perumusan kebijakan pembangunan di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua.

 
« StartPrev12NextEnd »

Page 1 of 2


Copyright by KOMAPO.