Home SUARA PEREMPUAN
APAKAH PEREMPUAN PEGUNUNGAN BINTANG SUDAH MERDEKA DALAM PENDIDIKAN?

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 70 yang tepatnya jatuh pada hari senin tanggal 17 Agustus 2015, Kumpulan Perempuan KOMAPO Koordinator Wilayah (KOORWIL) Salatiga dan KOORWIL Semarang mengadakan diskusi via Short Message Service (SMS) dengan tema Apakah Perempuan Pegunungan Bintang Sudah Merdeka Dalam Pendidikan?.

Read more...
 
EMANSIPASI PEREMPUAN PAPUA DALAM PUSARAN GLOBALISASI

Penulis: Yulitha Mate


Pertama tama penulis mengajak para pembaca yang budiman untuk melihat kembali atas realitas kehidupan kita sebagai manusia penghuni muka bumi ini. Realitas kehidupan manusia dari tahun ke tahun, abad ke abad sampai pada abad millenium (abad 21) ini selalu berubah-ubah seiring perkembangan zaman. Seluruh makhluk dalam kehidupannya memiliki peran dalam rangkah mempertahankan harkat dan martabat sebagai manusia yang memiliki akal yang sehat, berbudi, dan sebagai manusia sepadan dengan-Nya.

Manusia diciptakan untuk memahami diri sebagai manusia sejati, memahami sesamanya sebagai manusia, bukan sebagai makhluk asing atau binatang. Sebagai manusia tentu memahami segala sesuatu yang ada di bumi, baik -buruk, laki-laki dan perempuan, hewan dan tumbuhan dan lainnya. Oleh karena demikian, manusia memahami diri sebagai manusia laki-laki dan manusia perempuan.

Penulis disini mengulas seputar keberadaan perempuan (Papua) sebagai manusia yang tentunya memilki harkat dan martabat sebagai manusia yang sejati. Mempunyai hak yang sama di hadapan muka bumi. Mempunyai hak yang sama di berbagai bidang kehidupan; hak memperoleh pendidikan, hak kebebasan hidup, hak berbicara, hak mendapatkan pekerjaan dan tentunya hak politik.

Read more...
 
Pentingnya Wanita Bagi Pria

Penulis: Theo Ningdana

Dia yang diambil dari tulang rusuk. Jika Tuhan memersatukan dua orang yang berlawanan sifatnya, maka itu akan menjadi saling melengkapi.

Dialah penolongmu yang sepadan, bukan lawan yang sepadan. Ketika pertandingan dimulai, dia tidak berhadapan denganmu untuk melawanmu, tetapi dia akan berada bersamamu untuk berjaga-jaga di belakang saat engkau berada di depan, atau segera mengembalikan bola ketika bola itu terlewat olehmu, dialah yang akan menutupi kekuranganmu.

Read more...
 
KELUARGA BERENCANA VERSI RENEE ANNESTHASIE STANLEY BIDANA

 

Dewasa ini, ketika kita mendengar atau membaca istilah Keluarga Berencana atau Family Planning, kontan saja yang terlintas dalam benak dan bayangan kita adalah sebuah keluarga "mungil" yang terdiri dari bapak, ibu dan dua orang anak.Sesuai dengan kampanye yang dilancarkan oleh instansi-intansi yang menjalankan program tersebut yakni, "Cukup dua anak saja. Laki-laki atau perempuan sama saja".


KB itu apa?

Keluarga Berencana,bagi saya adalah sebuah keluarga yang direncanakan.

KB dalam konteks pemikiran saya,bukanlah sekedar sebuah keluarga dengan dua anak saja melainkan sebuah keluarga yang terbentuk setelah ada perencanaan yang benar-benar matang.

Jadi,sebelum sampai pada jenjang perkawinan,seseorang sudah harus punya rencana jauh-jauh sebelumnya.

Mungkin lebih sering dikenal sebagai apa yang dicita-citakan.

Banyak hal penting yang perlu dilihat yakni mulai dari pendidikan,karier sampai pada perkawinan itu sendiri dan berapa jumlah anak yang diinginkan serta persiapan-persiapan lainnya yang nantinya akan berguna bagi kelangsungan hidup dari keluarga yang direncanakan tadi di masa mendatang.

Read more...
 
KOMITMEN DIRI

Penulis: Rafaela Setamanki

Pada dasarnya Komitmen adalah kemampuan dan kemauan untuk menyelaraskan perilaku pribadi dengan kebutuhan, prioritas dan tujuan hidup. Sedangkan Komitmen diri adalah suatu perasaan yang muncul dari dalam hati yang mempunyai hak untuk memilih suatu rencana yang dapat menjadi patokan untuk menjalani suatu kehidupan yang baru dan bertahan lama untuk wajib di laksanakan . komitmen diri sebagai suatu awal dimana kita merubah sikap,tingkah laku dan mengatur manajemen waktu yang mendukung dalam menjalani suatu kehidupan yang baru baik di lingkungan keluarga,masyarakat,kampus ataupun di lingkungan daerah lain.komitmen berjalan sesuai dengan arah/tujuan yang kita harapakan maka akan dengan mudah kita melakukan hal-hal yang kecil maupun yang besar.

Read more...
 
« StartPrev12NextEnd »

Page 1 of 2


Copyright by KOMAPO.